Jenis-Jenis Logo Yang Perlu Kamu Ketahui
Pict By: @miaapriliaa._
Logo merupakan kombinasi antara tipografi dan gambar, setiap jenis logo dapat memberikan nuansa berbeda pada bran/perusahaan tersebut. Karena logo adalah hal pertama yang akan dilihat customer/pelanggan baru, maka dari itu tentunya masing-masing perusahaan ingin melakukannya dengan semaksimal mungkin untuk branding bisnis barunya. berikut ini ada 7 jenis logo yang perlu kalian ketahui:
Wordmark (Logotype)
Logo wordmark sebenernya hampir sama dengan logo lettermark, namun logo wordmark ini adalah logo yang berbasis font/kata yang difokuskan pada nama perusahaan yang ringkas dan unik. Biasanya nama yang digunakan merupakan nama yang menarik dan mudah diingat sehingga ketika dikombinasikan dengan tipografi yang kuat, logo tersebut membantu untuk branding yang kuat. Contoh logo wordmark yang paling dikenal saat ini diantaranya adalah Google.
Pictorial Mark (Logo Simbol)
Pictorial mark atau lebih dikenal dengan simbol, merupakan jenis logo yang berbasis pada desain grafis dan biasanya menggunakan simbol latau gambar unik yang relevan dengan identitas perusahaan. Contoh nama perusahaan yang menggunakan logo pictorial mark yang paling dikenal saat ini diantaranya adalah Apple.
Lettermark (Monogram)
Lettermark adalah logo berbasis tipografi yang terdiri dari beberapa huruf, biasanya merupakan inisialisasi perusahaan yang sangat sederhana. Dengan menggunakan kombinasi atau inisialisasi dari 2 sampai 4 huruf dari sebuah perusahaan, logo lettermark ini cukup efektif dalam mempersingkat brand perusahaan, jika nama perusahaan memiliki nama yang panjang. Tujuannya agar mudah diingat dan menunjukkan ciri khas perusahaan. Contoh logo lettermark yang paling dikenal saat ini diantaranya adalah Nasa.
Emblem Logo (Logo Lambang)
Jenis logo emblem merupakan salah satu jenis logo tertua dan sudah dikenal sejak abad pertengahan bahkan sebelumnya. Emblem merupakan jenis logo yang terdiri dari tulisan di dalam simbol atau ikon yang dimana nama perusahaan tersebut terhubung dan tidak terpisahkan dari gambar logo itu. Logo dengan jenis ini cenderung bergaya tradisional yang dapat membuat dampak yang massive, sehingga sering dijadikan pilihan utama bagi banyak instansi pendidikan, organisasi, atau lembaga pemerintah. Walaupun jenis logo ini terkesan tradisional dan klasik, tetapi banyak perusahaan secara efektif memodernisasi jenis logo tersebut. Contoh logo emblem yang paling dikenal saat ini diantaranya adalah University Harvard.
Combination Mark
Combination mark merupakan logo kombinasi antara logotype dan logomark. Teks atau gambar pada combination mark diletakkan berdampingan, ditumpuk satu sama lain, atau bahkan diintegrasikan bersama untuk membentuk gambar dari logo tersebut untuk memberikan pesan tentang perusahaan. Karena nama brand tersebut dikaitkan dengan gambar, maka logo kombinasi adalah pilihan lengkap dengan teks dan ikon atau maskot yang bekerja bersama didalamnya untuk memperkuat brand perusahaan. Contoh logo combination mark yang paling dikenal saat ini diantaranya adalah Burger King.
Maskot
Logo maskot adalah cara yang unik untuk menyampaikan brand perusahaan, karena lebih berwarna dan menyenangkan. Maskot tersebut hanyalah gambar karakter yang mewakili perusahaan tersebut dan juga sebagai duta bisnis perusahaan. Biasanya logo maskot sendiri memiliki makna yang terkandung di dalamnya. Maskot sangat bagus untuk perusahaan yang ingin menciptakan suasana yang sehat dengan menarik keluarga dan anak-anak. Logo maskot efektif jika perusahaan sudah memiliki brand yang cukup dikenal oleh banyak orang. Contoh logo maskot yang paling dikenal saat ini diantaranya adalah KFC.
Abstract Mark
Logo abstrak adalah jenis logo dengan bentuk geometris abstrak yang mewakili bisnis perusahaan. Logo abstrak berfungsi sangat baik karena merekatkan brand perusahaan menjadi satu gambar. Namun, alih-alih dibatasi pada gambar sesuatu yang dikenali, logo abstrak memungkinkan perusahaan membuat sesuatu yang benar-benar unik mewakili brandnya. Manfaat dari logo abstrak sendiri adalah dapat menyampaikan pesan yang perusahaan sampaikan secara simbolis. Melalui warna dan bentuknya, perusahaan dapat menghubungkan makna dan menumbbuhkan emosi di sekitar brand perusahaan. Contoh logo abstrak mark yang paling dikenal saat ini diantaranya adalah Pepsi.
Demikian informasi seputar jenis-jenis logo yang perlu kamu ketahui. Mudah-mudahan apa yang teruraikan diatas dapat membuat sedikit pencerahan, setidaknya kamu mengetahui jenis logo yang seperti apa yang perusahaan mu butuhkan. Tak ada yang lebih baik dari manapun, semua tergantung dari tujuan awal desainmu.
"Yang mahal dari sebuah desain adalah ide dan kratifitas. Semua orang mungkin bisa meniru karyayang sudah ada, tetapi tidak semua orang bisa melahirkan karya baru".
KEEP GROWING AND LEARNING
Author - Mia Aprilia Satya (Collage Student of STT-NF)
Reference from: https://www.instagram.com/p/CL6YhcuBaug/
Komentar
Posting Komentar